Hagia Sophia

16 October 2023

Tips untuk Atasi Mulut Bila Terasa Pahit

Foto: Getty Images/iStockphoto/VladimirFLoyd

Pernahkah detikers merasakan rasa pahit di mulut secara tiba-tiba? Atau kamu pernah merasakannya setelah makan dan minum sesuatu? Lalu, bagaimana kamu mengatasinya?

Muncul rasa pahit setelah mengkonsumsi sesuatu yang pahit sebenarnya adalah hal wajar. Namun jika detikers merasakan pahit di mulut walau sebelumnya tidak makan dan minum apapun, ini bisa mengisyaratkan kondisi kesehatan yang kamu alami, lho.

Dilansir laman Healthline, rasa pahit di mulut bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kehamilan, kesehatan mulut yang buruk, mulut kering (xerostomia), sindrom mulut terbakar, masalah gigi dan gusi, asam lambung, konsumsi obat-obatan dan suplemen, hingga stres.

Meski begitu, rasa pahit yang muncul di mulut bukanlah masalah yang serius lantaran kondisi ini cukup umum terjadi. Sebagian besar rasa pahit beserta penyebabnya pun dapat diobati sehingga detikers tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya.

Namun bagi sebagian orang, kondisi ini memang bisa mengganggu kenyamanan mulut sehingga kadang dapat membuat jengkel. Karena itu, orang yang mengalami rasa pahit di mulut biasanya mencari-cari cara untuk mengatasi ini.

Kalau detikers termasuk orang yang ingin tahu cara mengatasi rasa pahit di mulut, kamu berada ditempat yang tepat. Karena kamu bisa temukan informasinya pada uraian di bawah ini.

Cara Mengobati Rasa Pahit di Mulut

Jika mulutmu terasa pahit, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk atasi kondisi ini. Dengan mencoba perawatan rumahan ini juga, detikers bisa cegah rasa pahit di mulut datang kembali.

1. Merawat Kebersihan Mulut
Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Praktikkan perawatan mulut yang baik dengan sikat gigi dua kali sehari, pakai benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip, gunakan obat kumur antibakteri, dan periksa gigi secara teratur.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Dengan banyak minum air putih maka mulut akan menghidrasi tubuh dan menjaga mulut tetap lembap. Selain itu, detikers juga akan lebih sering buang air kecil. Ini dapat bantu kamu membuang zat-zat dalam tubuh yang mungkin berkontribusi dalam menyebabkan mulut pahit.

3. Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet bisa mendorong mulut untuk bantu tingkatkan produksi air liur sehingga mencegah mulut tidak terlalu kering. Dengan permen karet juga, rasa pahit atau asam dalam mulut dapat tertutupi. Namun ingat, pilih permen karet bebas gula, ya.

4. Berkumur dengan Soda Kue
Kamu dapat gunakan larutan soda kue untuk bantu menghilangkan rasa tidak enak dalam mulut. Caranya dengan mencampurkan ½ sdt garam dan 1 sdt soda kue ke dalam segelas air, lalu aduk rata. Kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Hindari Makanan Pedas
Salah satu penyebab rasa pahit di mulut adalah kondisi asam lambung. Oleh sebab itu, cobalah untuk membatasi atau hindari makan pedas yang bisa memicu naiknya asam lambung.

6. Kurangi Konsumsi Alkohol-Kopi
Selain makanan, ada juga sejumlah minuman yang dapat memicu asam lambung naik, seperti kopi, alkohol, minuman citrus, soda, hingga cokelat. Karenanya, kurangi dan kalau bisa hindari berbagai minuman tersebut.

7. Berhenti Merokok
Penyebab lain yang mampu menimbulkan mulut pahit atau asam adalah merokok atau penggunaan produk tembakau. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan satu ini agar rasa tidak enak dalam mulut dapat teratasi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Mengobati Mulut Terasa Pahit, Lakukan Perawatan Ini di Rumah"