Hagia Sophia

16 October 2023

Polusi Meningkat, Beberapa Makanan dan Minuman Ini Bisa Bersihkan Paru-paru

Polusi udara di Jakarta. Foto: Agung Pambudhy

Polusi udara menjadi masalah di banyak daerah, terutama di ibukota. Hal ini bisa mengancam kesehatan paru-paru masyarakat.

Dampaknya dapat menyebabkan penyakit asma, ISPA, Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), hingga kanker paru-paru.

Untuk mencegah dan mengurangi dampak polusi, Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk paru-paru. Simak 8 makanan dan minuman untuk membersihkan paru-paru.

Makanan dan Minuman untuk Membersihkan Paru-paru

Berikut ini makanan dan minuman yang baik Anda konsumsi untuk membersihkan paru-paru, sehingga dapat mencegah dan mengurangi dampak polusi udara.

1. Tomat
Dikutip dari situs Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, tomat sangat baik dikonsumsi, termasuk bagi perokok. Tomat dapat menurunkan risiko kanker hingga memperbaiki sistem imun tubuh.

Hal ini disebabkan karena tomat mengandung antioksidan yang tinggi. Tomat dapat langsung dimakan atau dibuat jus. Tomat juga sering disajikan sebagai lalapan.

2. Bit
Buah bit mengandung nitrat yang dapat melemaskan pembuluh darah dan mengurangi potensi tekanan darah tinggi, sehingga meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita hipertensi paru dan penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK (COPD).

Selain itu, ada kandungan vitamin C, magnesium, kalium, dan antioksidan karotenoid, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan paru-paru. Bit bisa dibuat jus, salad, dan campuran dalam masakan.

3. Apel
Apel mengandung quercetin (fitonutrien) yang membantu mengurangi risiko asma dan komplikasi PPOK. Sifat antiinflamasi pada apel juga dapat mengurangi peradangan saluran napas dan mengurangi stres oksidatif.

Bahkan kulit apel kaya akan asam ursolat yang membantu meningkatkan sirkulasi darah. Apel dapat dibuat jus. Jika menginginkan manfaat serat yang lebih tinggi, kamu bisa makan buahnya secara langsung.

4. Jeruk
Jeruk sudah terbukti kaya manfaat. Terutama vitamin C dan kalsiumnya mengembalikan kadar nutrisi yang hilang setelah terapi steroid. Selain itu, kandungan jeruk dapat melindungi paru-paru dari PPOK dan kanker.

5. Paprika
Dikutip dari Healthline, paprika adalah sumber vitamin C tinggi, dengan nutrisi yang larut dalam air. Ini dapat menjadi antioksidan yang kuat dalam tubuh yang dapat menangkal radikal bebas.

Polusi dan asap rokok memiliki efek merusak cadangan antioksidan tubuh, maka disarankan agar mengkonsumsi tambahan 35 mg vitamin C per hari.

6. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan kurkumin yang bermanfaat untuk mendukung fungsi paru-paru.

Penelitian pada perokok menunjukkan bahwa paru-paru perokok yang mengkonsumsi kurkumin lebih berfungsi secara signifikan dibandingkan perokok yang tidak mengkonsumsi kurkumin.

Kunyit sering digunakan menjadi bumbu masakan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan manfaat kunyit dari jamu dan sejumlah minuman herbal.

7. Teh Hijau
Teh hijau banyak dikenal sebagai minuman menyehatkan karena mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi dan telah terbukti menghambat fibrosis pada jaringan, termasuk di paru-paru.

Fibrosis paru ditandai dengan jaringan parut yang progresif dan mengganggu fungsi paru-paru. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau dapat membantu mengobati penyakit ini.

8. Yoghurt
Yoghurt kaya akan kalsium, kalium, fosfor, dan selenium. Nutrisi ini membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari risiko PPOK. Minuman enak ini juga bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan.

Itulah tadi 8 makanan dan minuman untuk membersihkan dan memperbaiki fungsi paru-paru. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang tinggal di tempat dengan polusi udara tinggi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waspada Polusi, Ini 8 Makanan dan Minuman untuk Membersihkan Paru-paru"