Hagia Sophia

16 October 2023

Nenek di Spanyol Rayakan Ultahnya ke-107 Tahun, Ini Tips Panjang Umurnya

Ilustrasi ulang tahun (Foto: iStock)

Seorang wanita mantan juru masak di sekolah, Edna Walmsley yang saat ini menjadi penghuni Panti Asuhan Pendle Brook di Oswaldtwistle terkenal karena hampir tidak pernah terlihat tanpa secangkir teh. Selain itu, Edna Walmsley diyakini sebagai wanita tertua di Lancashire, Inggris.

Edna Walmsley yang lahir pada 9 Oktober 1916 saat Perang Dunia ke-1 berkecamuk di seluruh Eropa tersebut, baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang ke-107 tahun dengan pesta yang menyenangkan. Bahkan wanita yang telah berusia lanjut ini, membocorkan rahasianya hingga bisa berumur panjang dan dapat menjalani hidup yang mengesankan.

"Saya sudah hidup lama bukan? rahasia umur panjang adalah saya selalu memiliki makanan enak dan nafsu makan yang baik," katanya yang dikutip dari MailOnline.

"Ibuku selalu memberiku makanan enak. Saya tidak pernah lapar - dan juga puisi saya. Saya selalu menyukai puisi," imbuhnya.

Edna Walmsley telah menjalani hidup dengan melewati masa pemerintah Raja George V (1910-1936), hingga saat ini Raja Charles III. Lahir di tahun kedua Perang Dunia ke-1, Edna Walmsley berusia 23 tahun saat konflik meletus di seluruh benua pada Perang Dunia ke-2.

Bahkan wanita yang sudah berusia lanjut ini mengalami dua pandemi, hidup melalui gelombang Flu Spanyol pada 1918-1919 serta yang lebih baru pandemi COVID-19.

Meski demikian dirinya tetap sehat, koordinator kegiatan Pendle Brook Claire Rothwell mengatakan bahwa, Edna Walmsley memiliki ingatan jangka panjang yang luar biasa serta mampu melafalkan puisi kata demi kata yang dipelajarinya di sekolah. Bahkan nenek buyut ini memiliki mata yang tajam dan selera humor yang bagus.

Selain menyukai puisi, wanita yang telah membesarkan ketiga anaknya ini juga suka membaca dan menjawab teka-teki silang, serta masih menikmati yoga hingga usia 90 an.

Saat ini pemegang rekor orang Inggris tertua adalah Charlotte Hughes, yang meninggal pada usia 115 tahun 288 hari pada 1993 silam.

Selanjutnya orang tertua yang masih hidup di Inggris yakni Ethel Caterham dari Ash Vale di Surrey yang pada Agustus lalu baru merayakan ultahnya yang ke 114 tahun.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rayakan Ultah ke-107 Tahun, Nenek di Spanyol Buka-bukaan Tips Umur Panjang"