Hagia Sophia

16 October 2023

Pakar Gizi: Beberapa Makanan yang Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/monstArrr_

Penyakit jantung bisa menghantui siapa saja tanpa memandang usia. Bahkan menurut sejumlah praktisi medis, seiring waktu, semakin banyak pasien penyakit jantung adalah muda-muda dengan kisaran usia 30 tahun, yang sehari-harinya terbiasa menjalani gaya hidup 'sedentary' alias hidup serba mager.

Jelas, perbaikan gaya hidup dibarengi asupan makan sehat dan aktivitas fisik adalah cara utama untuk menekan risiko penyakit jantung. Seorang ahli gizi, Claudia Le Feuvre, menyebut bahwa memang benar, ada sejumlah makanan yang terbukti efektif mencegah penyakit jantung.

"Diet adalah kunci dalam mencegah penyakit jantung dan serangan jantung. Jika Anda dididik tentang pola makan dan bagaimana Anda dapat membantu jantung Anda, menua dengan sehat menjadi jauh lebih mudah," ungkapnya dikutip dari Daily Express, Senin (16/10/2023).

"Makan sehat dan menurunkan kolesterol seharusnya mudah dilakukan dan relatif murah dengan tips yang dapat diakses ini," imbuh Claudia.

Lantas sebenarnya, apa saja makananan yang terbukti ampuh mencegah penyakit jantung, yang kerap dikenal sebagai 'silent killer'? Berikut penjelasannya:

1. Coklat hitam
"Cokelat hitam sangat bagus karena mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga dapat membantu mengurangi peradangan. Saat ini banyak penyakit jantung yang dianggap sebagai peradangan," terang Claudia.

2. Oats
Sudah banyak yang sering mendengar, oats memiliki khasiat baik menekan risiko penyakit jantung. Begitu juga menurut Claudia, sarapan semangkuk oats di pagi hari dapat membantu mengatasi kadar kolesterol, yang memiliki kaitan erat dengan kondisi kesehatan jantung.

"Oat kaya akan beta glukan dan serat larut yang dapat menurunkan kolesterol," ujarnya," tutur Claudia.

"Anda bisa menggunakan produk susu atau susu nabati dan menambahkan segala jenis bahan tambahan yang menarik seperti buah segar, biji rami, rempah-rempah, serta kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya untuk membuatnya lebih lezat," imbuhnya.

3. Kacang-kacangan
Kabar baik untuk orang-orang yang gemar memakan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panggang, kacang hitam, atau jenis kacang lainnya. Menurut Claudia, kacang termasuk salah satu makanan yang efektif menekan risiko penyakit jantung.

"Kacang adalah sumber serat yang bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida," ujarnya.

4. Sayur-sayuran hijau
Sudah jelas, sayur-sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tidak terkecuali untuk menekan risiko penyakit jantung. Pasalnya menurut Claudia, sayur-sayuran seperti kol, bayam, dan brokoli bekerja meningkatkan antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Enak dan Nggak Repot! 5 Makanan yang Ampuh Cegah Penyakit Jantung Ala Ahli Gizi"