Hagia Sophia

16 October 2023

Gejala Ini Muncul Beberapa Hari Sebelum Stroke

Foto: Thinkstock

Stroke kerap dipandang sebagai momok mengerikan. Sebab seiring kedatangannya yang tiba-tiba tanpa menunjukkan 'aba-aba' lebih dulu, penyakit ini memiliki tingkat fatalitas yang tinggi, dengan risiko kerusakan permanen.

Sebenarnya, menurut sejumlah ahli, ada beberapa gejala umum yang dapat timbul beberapa hari sebelum stroke terjadi. Misalnya berupa kelemahan pada satu sisi tubuh atau kebingungan mendadak. Kemudian, perubahan kemampuan penglihatan juga dapat menandakan penyakit kardiovaskular yang akan datang.

Stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terputus. Stroke mata misalnya, terjadi ketika suplai darah ke mata terputus. Kondisi ini mungkin merupakan indikasi bahwa seseorang berisiko terkena stroke serius.

Penelitian yang berkembang menunjukkan bahwa kerusakan dini pada pembuluh darah kecil yang menuju ke mata mungkin menjadi tanda peringatan dari kondisi tersebut. Penyumbatan di pembuluh darah ini dapat menyebabkan perubahan penglihatan secara tiba-tiba seperti kabur, area gelap, atau bayangan.

Sebagaimana dijelaskan oleh para ahli di Harvard Health, stroke mata dapat menandakan stroke yang lebih serius. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini terjadi hanya pada salah satu mata. Jika penyumbatan tidak tergolong serius, ada 80 persen kemungkinan penglihatan akan kembali normal.

Namun, kondisi ini tetap berbahaya karena kurangnya aliran darah ke jaringan yang terletak di bagian depan saraf optik dapat berdampak buruk pada penglihatan jika pengobatan tidak dilakukan sesegera mungkin.

"Kebanyakan orang dengan stroke mata menyadari hilangnya penglihatan pada salah satu matanya saat bangun di pagi hari tanpa rasa sakit," tertera dalam laman situs web Penn University, dikutip dari Mirror News UK, Sabtu (14/10/2023).

"Beberapa orang melihat area gelap atau bayangan dalam penglihatan mereka yang mempengaruhi bagian atas atau bawah bidang visual mereka," terangnya lebih lanjut.

Selain itu, gejala yang seringkali timbul sebagai tanda beberapa hari sebelum stroke terjadi adalah penurunan kontras visual dan sensitivitas terhadap cahaya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gejala yang Muncul Beberapa Hari Sebelum Stroke, Salah Satunya Pandangan Kabur"