Hagia Sophia

16 October 2023

Beberapa Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Tangan dan Kaki

Ilustrasi kolesterol tinggi (Foto: Thinkstock)

Sensasi kesemutan di tangan dan kaki kerap terjadi tiba-tiba. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu. Kadar kolesterol darah yang tinggi menyebabkan darah mengalir kental, yang mengganggu aliran normal darah ke saraf dan menyebabkan kesemutan.

Konsultan kardiologi di Rumah Sakit Manipal Kharadi Pune, dr Tanmai Yermal Jain menjelaskan kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti mengkonsumsi makanan tinggi lemak, kebiasaan merokok, minum beralkohol, tidak berolahraga, dan kelebihan berat badan. Sejumlah faktor ini berkontribusi terhadap pada penumpukan kolesterol dalam tubuh.

Perlu lebih waspada, sehingga perlu diketahui bagaimana tanda-tanda seseorang terkena kolesterol tinggi. Dikutip dari Entertainment Times, beberapa tanda seseorang mengalami kolesterol tinggi bisa dilihat melalui tangan dan kaki. Berikut beberapa tanda yang bisa dilihat secara langsung.

"Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan mungkin kondisi yang fatal termasuk serangan jantung atau stroke," ujar dr Yermal,dikutip Times of India, Minggu (15/10/2023).

Kolesterol tinggi juga bisa ditunjukkan dengan nyeri pada jari tangan dan kaki. Penumpukan kolesterol di arteri darah tangan dan kaki bisa membuat mereka sakit saat disentuh. Tanda lain dari kadar kolesterol tinggi yang sering muncul adalah kesemutan di jari tangan dan kaki.

Selain itu kadar kolesterol yang tinggi juga diketahui dari endapan kolesterol kuning di telapak tangan. Dr Yermal mengatakan, hiperkolesterol akan memiliki endapan berwarna kekuningan pada kulit. Utamanya di sekitar mata dan terkadang di telapak tangan dan bagian belakang kaki bagian bawah.

"Ini disebut Xanthelasma, jika ada disekitar mata dan xanthomas jika deposit kolesterol ada di bagian tubuh lain, seperti tangan atau kaki. Kolesterol tinggi tidak menyebabkan mati rasa di ujung jari," jelas dr Yerman.

Untuk mencegah kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup sehat. Pastikan berolahraga setiap hari dan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan semua nutrisi mikro dan makro. Habiskan hari secara aktif sepanjang hari dengan berjalan kaki dan naik tangga daripada lift.

Menjaga pikiran tetap tenang juga dapat menguntungkan. Cobalah bermeditasi dan latihan pernapasan agar pikiran tetap sehat dan bebas stres.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Tanda Kolesterol Tinggi pada Kaki dan Tangan, Waspadai Jika Keluhkan Ini"